OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS TEMATIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KALANGAN KECAMATAN PEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sudarman, Sudarman (2019) OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS TEMATIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KALANGAN KECAMATAN PEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sudarman fix.pdf

Download (860kB)

Abstract

Sudarman, NIM. 1781100011. “Optimalisasi Lingkungan Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan keterampilan Menulis Puisi Bebas Tematik pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalangan Kecamatan Pedan Tahun Pelajaran 2018/2019.” Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Widya Dharma Klaten, 2019 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan motivasi menulis siswa kelas V SD Negeri 2 Kalangan Kecamatan Pedan tahun pelajaran 2018/2019 pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis puisi bebas tematik (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi bebas tematik melalui penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalangan Kecamatan Pedan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalangan Kecamatan Pedan sebanyak 28 siswa. Data yang diperoleh berupa lembar observasi motivasi siswa, dan hasil tugas menulis puisi bebas Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi menulis puisi bebas tematik siswa kelas V SD Negeri 2 Kalangan Kecamatan Pedan mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu: prasiklus, (47,86), siklus I (57,50), dan siklus II (75,53). Sedangkan hasil keterampilan menulis puisi bebas tematik siswa juga mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu: prasiklus, (44,82), siklus I (63,04), dan siklus II (76,07). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi bebas dengan menerapkan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan keterampilan menulis puisi bebas tematik siswa kelas V SD Negeri 2 Kalangan Kecamatan Pedan tahun pelajaran 2018/2019 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis puisi bebas. Kata Kunci: Lingkungan, Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Menulis, Puisi Bebas, Tematik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Sep 2019 01:51
Last Modified: 05 Sep 2019 01:59
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item View Item