PENDEKATAN JOYFUL LEARNING DENGAN TEKNIK PERMAINAN POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF SISWA KELAS II SEMESTER I SDIT IBNU SINA KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2018/ 2019

Warni, Warni (2019) PENDEKATAN JOYFUL LEARNING DENGAN TEKNIK PERMAINAN POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF SISWA KELAS II SEMESTER I SDIT IBNU SINA KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2018/ 2019. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Warni fix.pdf

Download (886kB)

Abstract

WARNI, 1781100016: Pendekatan Joyful Learning Dengan Teknik Permainan Pohon Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Paragraf Siswa Kelas II Semester I SDIT Ibnu Sina Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun 2018/ 2019 . Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajar menulis paragraf melalui penerapan pendekatan joyful learning dengan teknik permainan pohon pintar bagi siswa kelas II Semester 1 SDIT Ibnu Sina Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Model penelitian yang digunakan adalah direncanakan menggunakan tindakan daur ulang seperti yang dikembangkan oleh Kenmis dan Taggart dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subyek dan setting penelitian kelas II Semester I tahun pelajaran 2018/2019 SDIT Ibnu Sina Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Berdasarkan analisis hasil pengamatan dan penilaian yang dilakukan peneliti dan kolaborator dalam 2 siklus tindakan, dapat disimpulkan bahwa : penerapan pendekatan joyful learning dengan menggunakan teknik pohon pintar dapat meningkatkan hasil belajar menulis paragraf. Hal ini terbukti bahwa rata- rata hasil belajar pada siklus 1 adalah 66,5 dengan ketuntasan 60%. Pada siklus 2 diperoleh rata – rata menulis paragraf 76,9 dengan ketuntasan 100%. Hal ini berarti manfaat pendekatan joyful learning dalam belajar menulis paragraf sangat tinggi .Dari keterangan di atas berarti penggunaan pendekatan joyful learning dengan teknik pohon pintar dapt meningkatkan hasil prestasi belajar menulis paragraf siswa kelas II SDIT Ibnu Sina Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun 2018/2019. Kata kunci : Pendekatan joyful learning, hasil belajar, menulis paragraf

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:02
Last Modified: 06 Sep 2019 02:02
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item