PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIIIA MTs NEGERI 3 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Gista, Aprilian Paundrianagari (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIIIA MTs NEGERI 3 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Gista fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

GISTA APRILIAN PAUNDRIANAGARI. 1511109430. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasi dengan Metode Think Talk Write pada Siswa kelas VIIIA MTs Negeri 3 Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Klaten: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, 2019. Siswa kelas VIIIA MTs Negeri 3 Klaten mengalami kesulitan untuk menuangkan ide gagasan ke dalam bentuk tulisan persuasi karena guru masih menggunakan metode ceramah sehingga hasil belajar siswa belum sesuai yang diharapkan. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilaksanakan penelitian pembelajaran menulis teks persuasi melalui penerapan metode think talk write (TTW) adalah metode yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan tulis dengan lancar. Perumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana peningkatan kualitas proses dan peningkatan kualitas hasil menulis teks persuasi dengan metode think talk write pada siswa kelas VIIIA MTs Negeri 3 Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses dan peningkatan kualitas hasil menulis teks persuasi dengan metode think talk write pada siswa kelas VIIIA MTs Negeri 3 Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIIIA MTs Negeri 3 Klaten, sedangkan data yang diambil adalah hasil proses pembelajaran keterampilan menulis persuasi dengan metode think talk write. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini dijabarkan sebagai berikut. Pada siklus I kinerja guru mendapatkan nilai 64 dengan presentase 80% kategori baik. Pada siklus II kinerja guru mendapatkan nilai 70 dengan presentase 87,5% kategori sangat baik. Kinerja siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata 76,6 dengan kategori baik, kemudian pada siklus II kinerja siswa mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata- rata 86 kategori sangat baik. Metode think talk write dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks persuasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa dalam menulis teks persuasi antar siklus. Keterampilan menulis teks persuasi siswa pada presentase ketuntasan dari prasiklus ke siklus I sebesar 70,58%, kemudian mengalami peningkatan kembali ke siklus II sebesar 85,2%. Kata Kunci : Metode Think Talk Write, Keterampilan Menulis Teks Persuasi

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:38
Last Modified: 07 Sep 2019 01:38
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item