UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MASTERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Avivah, Nurul Hidayati (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MASTERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Avivah Nurul H.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

AVIVAH NURUL HIDAYATI. 1113102345. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Mastery Learning Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanganom Kabupaten Klaten Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui Mastery Learning pada siswa kelas VII SMP N 2 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP N 2 Karanganom Kabupaten Klaten sebanyak 28 siswa, dimana siswa laki-laki sebanyak 16 siswa dan siswa perempuan sebanyak 12 siswa. Data peningkatan aktivitas siswa diambil melalui observasi aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa diambil dari nilai tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 75% menjadi 80,83%. (2) Aktivitas belajar siswa rata-rata mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, ditunjukan dengan adanya peningkatan kearah positif. (3) Hasil belajar matematika siswa meningkat , ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata- rata dari 58,57 menjadi 80,18. Dan persentase ketuntasan meningkat dari 35,71% menjadi 85,71%. Hasil belajar siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila di kelas tersebut mencapai ketuntasan secara klasikal 80%, dengan KKM 70. Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan Mastery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:41
Last Modified: 11 Feb 2019 07:41
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item