ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SMP NEGERI 2 JUWIRING KABUPATEN KLATEN

Subari, Subari (2019) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SMP NEGERI 2 JUWIRING KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Subari fix.pdf

Download (681kB)

Abstract

SUBARI, NIM. 16811000045. Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIIA pada Semester Genap di SMP Negeri 2 Juwiring Tahun Pelajaran 2017/2018, Tesis Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten 2019 Penelitian ini bertujuan 1). untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana wujud alih kode dan wujud campur kode yang terjadi dalam proses pembelajaran Bahasa indonesia pada kelas VIIA semester genap di SMP Negeri 2 Juwiring, 2). memberikan gambaran faktor faktor apa yang menyebabkan terjadinya alih kode dan campur kode 3). menjelaskan apakah alih kode dan campur kode mempunyai keterkaitan dengan prestasi dan tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang penting untuk memahami suatu fenomena sosial dan perspektif individu yang diteliti. Tujuan pokoknya adalah menggambarkan, mempelajari, dan menjelaskan fenomena itu. Data penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa kelas VIIA semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Juwiring selama 6 kali pertemuan kemudian diambil yang mengandung unsur alih kode dan campur kode. Adapun tehnik pengumpulan datanya dengan menggunakan Teknik SBLC (teknik simak bebas libat cakap) Dalam prakteknya, si peneliti tidak terlibat secara langsung dalam proses komunikasi, tidak ikut serta dalam proses pembicaraan orang-orang yang saling berbicara. Ia hanya sebagai observer saja, yaitu pemerhati yang dengan penuh minat tekun mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang-orang yang terlibat dalam proses komunikasi tersebut. Dengan diterapkannya teknik yang dimaksud, diharapkan data yang didapat selama observasi dapat terhindar dari bias data, Sedangkan tehnik analisa datanya dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian di dapat kesimpulan bahwa dalam proses pembelajaran bahasa indonesia pada kelas VIIA di SMP Negeri 2 Juwiring pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 terjadi proses alih kode dan campur kode, proses tersebut sengaja dilakukan oleh guru sebagai penutur dengan maksud dan tujuan untuk lebih mudah dan dekat dalam berkomunikasi sehingga di peroleh tingkat pemahaman yuang tinggi,, adapun alih kode terjadi secara intern dan eksteren, untuk campur kode berbentuk penyisipan kata, frase,klausa dan pengulangan. Untuk faktor penyebab dari alih kode dan campur kode berasal dari penutur, lawan tutur, hadirnya penutur ketiga Faktor penyebab terjadinya campur kode karena adanya keinginan untuk menjelaskan sesuatu dan untuk mempermudah menjalin keakraban antara guru dengan siswa. Kata Kunci Alih kode dan campur kode, faktor yang mempengaruhi alih kode dan campur kode.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:02
Last Modified: 09 Sep 2019 07:02
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item