PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP N I NGAWEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Endah, Apriyanti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP N I NGAWEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Endah Apriyanti.fix.pdf

Download (879kB)

Abstract

ENDAH APRIYANTI. 0813101875. Penerapan Model Pembelajaran Think Pairs Write untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ngawen Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan Model Pembelajaran Think Pairs Write pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngawen Klaten tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I, siklus II dan Siklus III dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ngawen Klaten yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif kuantitatif, sedangkan data berupa aktivitas siswa yang dikumpulkan menggunakan lembar observasi dianalisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Data aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II lanjut ke siklus III mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik. Siswa yang memperhatikan penjelasan guru meningkat hingga 88,23%; siswa yang mencatat meningkat hingga 100%; siswa yang berdiskusi dalam kelompok meningkat hingga 64,7%; siswa yang bertanya meningkat 41,11%; siswa yang menjawab pertanyaan meningkat hingga 20,58%; siswa yang aktif dalam kelompok meningkat hingga 44,11%; siswa yang berpendapat dalam diskusi kelas meningkat 44,11%; siswa yang mengerjakan soal meningkat hingga 100%; sedangkan siswa yang tidak berbuat apa-apa/ngobrol sendiri turun menjadi 11,76%; dan siswa yang berbuat gaduh turun menjadi 2,94%. Dari data pada tabel di atas bahwa aktivitas siswa secara keseluruhan mengalami peningkat ke arah yang lebih baik. (2) Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes akhir siklus. Persentase siswa yang memenuhi KKM 26,47% pada pra tindakan (dari nilai Ujian kenaikan kelas VII C), pada siklus I menjadi 47,05%; pada siklus II menjadi 67,64% dan pada siklus ke III menjadi 88,23%. Nilai rata-rata kelas dari 61,76 pada pra tindakan, pada siklus I menjadi 67,79; pada siklus II menjadi 71,47 dan siklus III menjadi 82,21.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:48
Last Modified: 11 Feb 2019 07:48
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item