UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tri, Sulistyawati (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Tri fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

TRI SULISTYAWATI. NIM 1513102645. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika melalui model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped, dan (2) meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi (SIJA) A SMK Negeri 2 Klaten tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dikatakan berhasil jika mencapai 75% dari jumlah siswa, (2) nilai prestasi belajar siswa mencapai KKM yaitu 70 dengan persentase ketuntasan 75% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari: (1) peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meliputi: (a) siswa melakukan eksplorasi terhadap materi yang disampaikan meningkat dari 61,11% menjadi 84,72%, (b) siswa berani mengeluarkan pendapat dan mengajukan pertanyaan meningkat dari 63,88% menjadi 80,55%, (c) siswa mendengarkan penjelasan dari guru meningkat dari 79,16% menjadi 88,89%, (d) siswa mencatat materi, menulis hasil diskusi dan kesimpulan meningkat dari 62,50% menjadi 87,49%, (e) siswa mampu membuat gambar pada bidang koordinat kartesius meningkat dari 76,38% menjadi 81,94%, (f) siswa berani mempresentasikan hasil diskusi dan mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari 61,11% menjadi 77,77%, (g) siswa mampu memecahkan masalah dalam kelompok diskusi meningkat dari 75,00% menjadi 79,16%, (h) siswa bersemangat dalam melakukan diskusi dan senang terhadap materi yang disampaikan meningkat dari 76,38% menjadi 90,27%, dan (2) peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata meningkat dari 72,58 menjadi 80,47, persentase ketuntasan meningkat dari 63,89% menjadi 83,33%. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi (SIJA) A SMK Negeri 2 Klaten tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: aktivitas, prestasi belajar, flipped classroom tipe peer instruction flipped.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:27
Last Modified: 10 Sep 2019 08:27
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item