PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBOR, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dewi, Tri Haryanti (2019) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBOR, CEPER, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Dewi fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBOR DEWI TRI HARYANTI NIM. 1715100058 dewitriharyanti89@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar pada mata pelajaran IPA, Berdasarkan observasi awal siswa kelas V, ditemukan beberapa masalah yaitu (1) siswa merasa bosan dan kurang tertarik terhadap pembelajaran; (2) siswa cenderung pasif dalam pembelajaran; dan (3) rendahnya minat belajar siswa. Hal ini ditandai nilai KKM masih mencapai 60, padahal target yang diharapkan 75, demikian pula cara mengajar guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat ceramah. Penelitian ini ditujukan pada minat belajar siswa menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA mengenai macam-macam gaya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah: meningkatkan minat belajar IPA dalam menangkap materi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar IPA dengan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra siklus 66,07 dengan kategori kurang baik dilanjutkan siklus I adalah 73,75 dengan kategori baik dan siklus II adalah 82,50 dengan kategori sangat baik. Presentasi siswa pada kategori kurang sebesar 44% pada pra tindakan, pada siklus I turun menjadi 19% dan pada siklus II tidak ada lagi siswa yang tergolong kategori kurang. Presentasi siswa dengan kategori baik sebesar 56% pada pra tindakan, pada siklus I naik menjadi 31%, dan pada siklus II masih 19%. Presentasi siswa pada kategori sangat baik pada pra tindakan masih 0%, pada siklus I terdapat 50%, dan pada siklus II naik menjadi 63%. Presentasi siswa dengan kategori istimewa pada pra tindakan masih 0%, pada siklus I pun masih blm ada, dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 19%. Untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan media gambar perlu disediakan alat peraga yaitu gambar gambar tentang materi gaya. Mengingat model pembelajaran dengan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa, diharapkan sekolah dapat menerapkan strategi pembelajaran tersebut. Kata Kunci : IPA, Media Gambar

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:24
Last Modified: 12 Sep 2019 03:24
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item