MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DI SD NEGERI 1 PRAMBANAN, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nunuk, Tri Pujiraharsi (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DI SD NEGERI 1 PRAMBANAN, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nunuk fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DI SD NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 NUNUK TRI PUJIRAHARSI 1715100063 ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi penyesuaian diri makhluk hidup. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi penyesuaian diri makhluk hidup SD Negeri I Prambanan, Klaten dengan menggunakan model Quantum Learning. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V SD Negeri I Prambanan, Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat terlihat pada hasil pretest dan postest yang dilakukan pada materi penyesuaian diri makhluk hidup, dengan hasil rata – rata kelas yang diperoleh pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 60 sedangkan pertemuan ke-2 adalah 69,74 di siklus II pertemuan ke-1 menjadi 77,92 dan pertemuan ke-2 menjadi 90,42. Sehingga menghasilkan presentase rata-rata kelas dari siklus I pertemuan ke-1 sebanyak 59,58%%, pada petemuan ke-2 menjadi 69,74%. pada siklus II pertemuan ke-1 menjadi 77,91% dan pada pertemuan ke-2 menjadi 90,42%. Sedangkan untuk presentase ketuntasan diperoleh hasil pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 8,33%, pertemuan ke-2 sebesar 33,33% pada siklus II pertemuan ke-1 menjadi 79,17% dan pada pertemuan ke-2 menjadi 95,83%. Dari hasil presentase rata-rata kelas tindakan dikatakan berhasil karena persentase siswa yang tuntas diatas KKM >75% terlihat pada siklus II pertemuan 1 dan 2 nilai presentase ketuntasan sebesar 79,91% dan 95,83%. Kata kunci: hasil belajar, model quantum learning

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Sep 2019 01:50
Last Modified: 13 Sep 2019 01:50
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item