HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dewi, Irmawati (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Dewi fix.pdf

Download (796kB)

Abstract

DEWI IRMAWATI. NIM. 1513102629. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengkaji hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2018/2019, 2) mengkaji hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2018/2019, dan 3) mengkaji hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2018/2019. Melalui metode cluster random sampling terpilih siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Klaten sebagai sampelnya. Dari sampel tersebut dikumpulkan data menggunakan metode angket dan metode tes. Dengan metode pengisian angket diperoleh data kecerdasan emosional dan motivasi belajar sedangkan metode tes diperoleh data hasil prestasi belajar matematika. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan analisis korelasi regresi linier dengan taraf signifikan 5%. Setelah data penelitian dianalisis dapat disimpulkan bahwa: 1) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi regresi linier sebesar 0,631, 2) ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi regresi linier sebesar 0,623, dan 3) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Klaten. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi regresi linier ganda sebesar 0,691. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:33
Last Modified: 13 Sep 2019 02:33
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item View Item