PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PEDAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fitri, Yuli Hastutik (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PEDAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Fitri Yuli Hastuti.fix.pdf

Download (578kB)

Abstract

FITRI YULI HASTUTIK. NIM 1213102509. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. 2015. Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika kelas VII A SMP Negeri 3 Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui model pembelajaran Concept Attainment. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Pedan Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 9 siswa putri dan 15 siswa putra. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Melalui penerapan pembelajaran dengan model Concept Attainment pada pokok bahasan segitiga dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata aktivitas siswa. Adapun hasil persentase rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, meliputi : siswa yang memperhatikan penjelasan guru yaitu sebanyak 62,50% meningkat menjadi 83,33%, siswa yang mencatat sebanyak 58,33% meningkat menjadi 75%, siswa yang bertanya sebanyak 29,17% meningkat menjadi 52,78%, siswa yang menjawab pertanyaan atau berpendapat sebanyak 45,84% meningkat menjadi 70,84%, siswa yang aktif dalam diskusi sebanyak 62,50% meningkat menjadi 79,17%, (2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM (70) dari siklus I ke siklus II sebagai berikut : rata-rata nilai kelas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 71,46 menjadi 73,75 sedangkan persentase ketuntasan klasikal dari 66,67% menjadi 83,33%. Persentase klasikal pada siklus II melebihi ketuntasan klasikal (80%) yang telah ditetapkan, maka tidak perlu diadakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Concept Attainment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Feb 2019 08:04
Last Modified: 11 Feb 2019 08:04
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item