PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PANDANSIMPING, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Jumali, Jumali (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PANDANSIMPING, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Jumali Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Pandansimping Klaten dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V SDN 2 Pandansimping Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 2 Pandansimping pada mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan skor rata-rata keaktifan belajar dari kondisi awal 59,5 (baik) menjadi 73,6 (sangat baik) pada siklus I dan menjadi 86,8 (sangat baik) pada siklus II. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Sep 2019 06:49
Last Modified: 21 Sep 2019 06:49
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item