KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV PADA SD NEGERI PETINGGEN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Candra, Kurniasari (2019) KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV PADA SD NEGERI PETINGGEN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Candra Fix.pdf

Download (784kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam melakukan penilaian autentik dengan metode saintifik di SD Negeri Petinggen Yogyakarta karena penilaian yang diterapkan saat ini begitu rumit dan membutuhkan banyak waktu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas 4. Obyek penelitian adalah kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik di SD Negeri Petinggen Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu guru SD Negeri Petinggen sudah mampu melaksanakan penilaian autentik dengan metode saintifik yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Guru sudahmelakukantahapanpenilaian yang meliputi pemetaan Kompetensi Dasar, pembuatan kisi-kisi soal, pembuatan soal, penilaian dan penskoran. Guru melaksanakan penilaian sikap dengan teknik observasi. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis, teslisan, dan penugasan. Guru melaksanakan penilaian keterampilan dengan tespraktik, produk, dan portofolio. Kata kunci: kemampuan guru, penilaian autentik, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:11
Last Modified: 10 Oct 2019 07:11
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item