PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019)

Sri, Harpatmi (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sri Fix.pdf

Download (963kB)

Abstract

SRI HARPATMI. Peningkatan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi melalui Pembelajaran Project Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIIIE Semester II SMP Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019). Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa menulis teks eksplanasi melalui Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Kelas VIIIE Semester II SMP Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keterampilan menulis teks eksplanasi melalui Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Kelas VIIIE Semester II SMP Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) atau biasa disebut pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered). Metodelogi Penelitian meliputi pendekatan penelitian, tempat dan waktu penelitian, subyek dan obyek penelitian, prosedur penelitian, indikator kinerja, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan jadwal pelaksanaan penelitian. Model PBL adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai sarana untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan psikomotorik, dimana peserta didik dituntut untuk memecahkan masalah dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat hingga mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII Esemester II SMP Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada siklus I sebebar 45,71 %, siklus II sebesar 65,71 %, dan siklus III sebesar 92,85 %. Dari siklus I ke siklus II meningkat 20 % dan dari siklus II ke siklus III meningkat 27,14 %. Penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII E semester II SMP Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari prasiklus ke siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa naik sebesar 6,72, dari siklus I ke siklus II naik sebesar 6,70, dari siklus II ke siklus III naik sebesar 8,30. Rata-rata nilai hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus III naik sebesar 21,72 atau naik sebesar 34,32%. Kata Kunci : teks eksplanasi, model PBL, keatifan siswa, hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:24
Last Modified: 02 Dec 2019 06:24
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item