UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 1 KEBONARUM TAHUN AJARAN 2014/2015

Sigma, Dian Ratna Furi (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 1 KEBONARUM TAHUN AJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sigma Dian R.F.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

SIGMA DIAN RATNA FURI, NIM 1113102348, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Superitem Untuk Siswa Kelas VII SMP N 1 Kebonarum Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Kebonarum tahun ajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran Superitem. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus tiga kali pertemuan dengan tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes akhir. Model pembelajaran Superitem dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas VII SMP N 1 Kebonarum Klaten, terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketujuh aspek yang diteliti yaitu (1) aspek 1 dengan skor 130 pada siklus I dikategorikan baik meningkat pada siklus II dengan skor 174 dikategorikan baik sekali, (2) aspek 2 dengan skor 123 dikategorikan baik meningkat pada siklus II dengan skor 138 dikatergorikan baik, (3) aspek 3 dengan skor 113 dikategorikan baik meningkat pada siklus II dengan skor 132 dikatergorikan baik, (4) aspek 4 dengan skor 114 dikategorikan baik meningkat pada siklus II dengan skor 120, (5) aspek 5 dengan skor 109 dikategorikan baik meningkat pada siklus II dengan skor 122 dikatergorikan baik dikatergorikan baik, (6) aspek 6 dengan skor 90 dikategorikan cukup meningkat pada siklus II dengan skor 132 dikatergorikan baik, (7) aspek 7 dengan skor 108 dikategorikan baik meningkat pada siklus II dengan skor 117 dikatergorikan baik. Peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VII SMP N 1 Kebonarum juga terlihat pada rata- rata kelas tes akhir siswa pada siklus I sebesar 80,1 dan pada siklus II naik menjadi 83,6. Dan diikuti oleh prosentasi jumlah siswa yang memenuhi KKM, yaitu sebesar 77,7% pada siklus I dan sebesar 86,1% pada siklus II. Oleh sebab itu, dalam hal ini penggunaan model pembelajaran Superitem dapat dikatakan telah mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Feb 2019 09:39
Last Modified: 11 Feb 2019 09:39
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item