PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Silva, Oktavia Larasiwi (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Silva Oktavia L.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

SILVA OKTAVIA LARASIWI 1113102371. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pedan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pedan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VIII F SMP Negeri 2 Pedan yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 18 siswa putra dan 14 siswa putri. Data peningkatan aktivitas belajar diambil dengan observasi aktivitas siswa dan pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung. sedangkan untuk prestasi belajar diambil dengan menggunakan tes evaluasi atau tes akhir siklus yang berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus ke 2, (3) prestasi belajar siswa meningkat ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes akhir siklus. Rata – rata tes akhir siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu 72,03 menjadi 78,75. Sedangkan presentase ketuntasan meningkat dari 62,5% menjadi 81,25%. Hasil tes akhir siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dengan ketuntasan klasifiksinya minimal 75% mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) 72 sebesar 81,25%. Jadi, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP N 2 Pedan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Feb 2019 09:43
Last Modified: 11 Feb 2019 09:43
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item