PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sugiyatno, Sugiyatno (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sugiyatno.fix.pdf

Download (660kB)

Abstract

SUGIYATNO. NIM 1113102372. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Spontaneous Group Discussion dengan Media Bangun Ruang pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII, dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B SMP N 2 Karanganom yang berjumlah 29 anak. Tahapan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hasil observasi, (4) refleksi, dan (5) evaluasi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes akhir siklus. Analisis data dilakukan dengan deskriptif dan kualitatif, yaitu data dianalisis sejak pelaksanaan tindakan pembelajaran, proses refleksi sampai penyusunan laporan. Untuk analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang berani mengemukakan pendapat pada siklus I ada 11 anak atau sebesar 37,93%, setelah dilakukan siklus II menjadi 18 anak atau sebesar 62,07%. Banyaknya siswa yang berani menjawab pertanyaan pada siklus I ada 10 anak atau sebesar 34,48%, setelah dilakukan siklus II menjadi 16 anak atau sebesar 55,17%. Banyaknya siswa dalam membuat kesimpulan pada siklus I ada 7 anak atau sebesar 24,14%, setelah dilakukan siklus II menjadi 13 anak atau sebesar 44,83%. Jumlah siswa yang tuntas dengan nilai lebih dari KKM (75) sebelum dilakukan tindakan sebanyak 11 anak atau sebesar 37,93%, setelah dilakukan tindakan menjadi 25 anak atau sebesar 86,20%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Feb 2019 09:53
Last Modified: 11 Feb 2019 09:53
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item