PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KUANTUM PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 02 JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sukimin, Sukimin (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KUANTUM PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 02 JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sukimin.fix.pdf

Download (759kB)

Abstract

SUKIMIN. NIM. 1513102659. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Kuantum Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 02 Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 02 Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Menerapkan cara pelaksanaan model pembelajaran kuantum dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 02 Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 02 Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Subjek penelitian ditetapkan siswa kelas VII C SMP Negeri 02 Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitaf. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran kuantum pada siswa kelas VII C SMP Negeri 02 Jenawi tahun ajaran 2015 / 2016, maka dapat dianalisis kesimpulan sebagai berikut : 1) Prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 02 Jenawi pada materi operasi bentuk aljabar meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kuantum baik dilihat dari aspek kognitif maupun afektifnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 57,67, siklus I 66,53; dan pada siklus II naik menjadi 75,03. Untuk siswa tuntas belajar (nilai ketuntasan 65) pada tes awal 30%, tes siklus I 60% setelah dilakukan refleksi terdapat 12 siswa yang tidak tuntas (nilai ulangan dibawah 65), namun secara keseluruhan sudah meningkat hasil belajarnya bila dilihat dari presentase ketuntasan siswa, dan pada tes siklus II menjadi 86,67%. 2) Cara meningkatkan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kuantum adalah guru harus terampil dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum diantaranya : 1) Tumbuhkan adalah menumbuhkan minat, perhatian, motivasi siswa dengan interaksi dengan lingkungan, memainkan musik, dan bernyanyi bersama. 2) Alami yaitu dengan kerja kelompok atau inividual siswa untuk mengalami sendiri. 3) Namai dengan peta konsep. 4) Demonstrasi adalah memberi kesempatan siswa menerapkan pengetahuan, mengaitkan dan berlatih. 5) Ulangi adalah mengulang pembelajaran untuk memantapkan pemahaman. 6) Rayakan adalah memberi rasa rampung dan menghargai usaha siswa dengan acungan jempol, tepuk tangan bernyayi bersama.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:40
Last Modified: 12 Feb 2019 01:40
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item