PENGARUH POLA ASUH AUTORITATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KRADENAN, TRUCUK, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Diah, Azuli Amelina Solikha (2020) PENGARUH POLA ASUH AUTORITATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KRADENAN, TRUCUK, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH POLA ASUH AUTORITATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KRADENAN TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DIAH AZULI AMELINA SOLIKHA NIM. 1615100049 diahazuli5@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan pola asuh orang tua selama mengadakan pengasuhan dan memberikan pengaruh motivasi belajar pada anak. Karena sebagian besar orang tua sadar atau tidak, kurang memperhatikan akan sikap pola asuh terhadap anaknya yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anaknnya, sehingga menjadikan anak akan malas belajar dan belajar tidak terkontrol. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh pola asuh autoritatif terhadap motivasi belajar pada siswa kelas V di SD Negeri Kradenan Trucuk Klaten. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner atau angket. Validitas instrumen menggunakan uji empirik dengan teknik korela si Product Momen, sedangkan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpa Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis meliptuti uji normalitas, uji linieritas. Uji statistik menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh autoritatif terhadap motivasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Sig. sebesar 0,000< 0,05 yang berarti hipotesis penelitian diterima dan besar pengaruh pola asuh autoritatif terhadap motivasi belajar yaitu 72,4%dan sisanya 27,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Pola Asuh, Motivasi Belajar,Penelitian Ex –post facto.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 08 Sep 2020 01:47
Last Modified: 08 Sep 2020 01:47
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item