PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU DENGAN WAYANG HURUF (Penelitian Tindakan Kelas di TK Pertiwi Dharma Wanita Setda Kabupaten Wonogiri Kelompok B Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019)

Dwi, Purwaningsih (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU DENGAN WAYANG HURUF (Penelitian Tindakan Kelas di TK Pertiwi Dharma Wanita Setda Kabupaten Wonogiri Kelompok B Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019). Masters thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Dwi Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dwi Purwaningsih,1781100054. Peningkatan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Terpadu dan Alat Permainan Edukatif Wayang Huruf Penelitian Tindakan Kelas di TK Pertiwi Dharma Wanita Setda Kabupaten Wonogiri Kelompok B Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Widya Dharma Klaten, Januari, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pengenalan membaca dan menulis permulaan pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Dharma Wanita Setda Kabupaten Wonogiri; dan (2) Meningkatkan kemampuan pengenalan membaca dan menulis permulaan pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Dharma Wanita Setda Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi Dharma Wanita Setda Kabupaten Wonogiri, mulai Januari sampai dengan Juni 2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran setiap siklus disusun oleh guru. Setiap tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya. Peneliti melakukan bimbingan intensif kepada guru kelompok B tentang penerapan strategi pembelajaran terpadu dan alat peraga edukatif Wayang Huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan anak didik kelompok B yang masih rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Data dan sumber data penelitian adalah anak didik kelompok B. Uji validitas data dengan triangulasi dan review informan kunci. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian adalah : (1) Penerapan strategi pembelajaran terpadu dan alat peraga edukatif Wayang Huruf dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran pengenalan membaca menulis permulaan anak didik sebesar 12,85 % pada siklus I dan 40,60 % pada siklus II. (2) Penerapan pembelajaran terpadu dan alat peraga edukatif Wayang Huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan dari nilai aspek membaca anak yang berkemampuan baik (•) hanya 6,7%, berkemampuan sedang (V) 26,7% dan yang berkemampuan kurang (O) 66,6%, pada aspek menulis anak yang berkemampuan (•) 6,7%, berkemampuan sedang (V) 40% dan yang berkemampuan kurang (O) 53%, meningkat menjadi aspek membaca (•) 40%, (V) = 60%, dan (O) = 0%. Aspek menulis anak yang nilai (•) = 46,7%, (V) = 53,3% dan (O) = 0%. 2), (3) Penerapan pembelajaran terpadu dan alat peraga edukatif Wayang Huruf mengatasi masalah yang muncul dalam pembelajaran membaca menulis permulaan anak didik kelompok B TK Pertiwi Dharmawanita Setda Kabupaten Wonogiri. KATA KUNCI : Pembejaran Terpadu, APE, Wayang Huruf.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 09 Sep 2020 05:13
Last Modified: 09 Sep 2020 05:13
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item