PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 JOMBORAN, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Chandra, Wahyuningtyas (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 JOMBORAN, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Chandra Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 JOMBORAN, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 CHANDRA WAHYUNINGTYAS NIM. 1615100041 chandratyas80@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Jomboran, Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa yang ditandai dengan (1) siswa sering izin keluar kelas; (2) siswa telat masuk kelas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang interaktif dan kedisiplinan guru, sehingga secara tidak langsung siswa menirunya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pndekatan ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1 Jomboran Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu siswa kelas III, IV dan V yang berjumlah 95 siswa dan pengambilan sampel 10% dari populasi yang ada. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling dan banyak sampel menjadi 49 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji-uji yang hasilnya semua butir kuisioner valid dan reliabel dengan nilai 0,755 dan 0,759. Hasil uji normalitas sebesar 0,463 dan uji linearitas sebesar 0,399. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Jomboran Klaten. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,022 < 0,05. Koefisien determinasi dari hasil penelitian ini sebesar 0,107 hal ini berarti kedisiplinan guru dalam mengajar di SD Negeri 1 Jomboran Klaten memberikan sumbangan efekif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 10,7% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata kunci : kedisiplinan guru dalam mengajar, motivasi belajar siswa, pendekatan ex post facto

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:36
Last Modified: 10 Sep 2020 02:36
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item