PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 KALIKOTES, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Syela, Ari Astuti (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 KALIKOTES, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Syela Fix.pdf

Download (12MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 KALIKOTES, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SYELA ARI ASTUTI NIM. 1615100027 Syela.ari@gmail.com ABSTRAK Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 3 Kalikotes tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Kalikotes semester II tahun pelajaran 2019/2020. Siswa terdiri dari 6 siswa laki – laki dan 4 siswa perempuan. Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II yaitu siswa berperan aktif dalam pembelajaran salah satunya menyampaikan hasil presentasi di depan kelas dan keaktifan siswa ketika bertanya kepada guru. (2) hasil belajar matematika siswa meningkat ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasi tes akhir siklus. Rata – rata hasil tes siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu meningkat dari 57,5 menjadi 91,5 dan presentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 40% menjadi 100%. Hasil tes akhir siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dikelas tersebut sebesar 75% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥70. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkasn bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 3 Kalikotes. Kata kunci: Numbered Head Together, Matematika, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:39
Last Modified: 10 Sep 2020 03:39
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item