ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muhammad, Yunus (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Muhammad Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Yunus NIM 1513102649. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Perbandingan Berdasarkan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Klaten Tahum Pelajaran 2019/2020.” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mengetahui jenis kesalahan yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri 4 Klaten dalam menyelesaikan soal perbandingan berdasarkan prosedur Newman, (2) mengetahui presentase jenis kesalahan yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri 4 Klaten dalam menyelesaikan soal perbandingan berdasarkan langkah pemecah masalah Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil pekerjaan siswa dan wawancara. Hasil pekerjaan siswa untuk mengetahui jenis kesalahan yang terjadi sedangkan wawancara untuk mengetahui penyebab terjadinya (1) kesalahan membaca soal (2) kesalahan memahami soal (3) kesalahan transformasi (4) kesalahan proses (5) kesalahan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal-soal perbandingan berdasarkan analisis Newman adalah (a) persentase kesalahan langkah 1, 2, 3, 4 dan 5 yang dilakukan oleh siswa sebesar 1.93%, (b) persentase kesalahan langkah 2, 4 dan 5 yang dilakukan oleh siswa sebesar 3,22%, (c) persentase kesalahan langkah 3, 4 dan 5 yang dilakukan oleh sebesar 5,16%, (d) persentase kesalahan langkah 4 dan 5 sebesar 38,06%, dan (e) dan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah kesulitan dalam menemukan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal, tidak mengetahui hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal, tidak paham dengan metode penyelesaian yang akan digunakan, tidak paham dengan definisi perbandingan,adanya keterkaitan jawaban dengan jawaban sebelumnya, sehingga kesalahan jawaban yang satu menyebabkan kesalahan jawaban lain, kurangnya ketelitian dalam melakukan proses perhitunga, tidak paham perhitungan perbandingan, tergesa-gesa dalam mnyelesaikan soal karena keterbatasan waktu, tidak mengetahuai satuan yang akan digunakan. Kata Kunci: Prosedur Newman, Perbandingan, Faktor Penyebab

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:45
Last Modified: 24 Nov 2020 03:45
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item