PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Annisa, Dwi Rahmawati (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Annisa Fix.pdf

Download (888kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II SD Negeri 1 Karangpakel. Dengan menggunakan metode peta pikiran (Mind Mapping). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perncanaan, pelaksanaan tindakan, dan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik kolaborasi dengan guru kelas dan peneliti, sehingga peneliti terlibat dalam proses penelitian dari awal sampai akhir. Pada setiap siklus tindakan dilakukan diskusi dengan kolaborator. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes menulis permulaan, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas II SD Negeri 1 Karangpakel dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Hal ini ditunjukan dengan hasil menulis permulaan siswa. Hasil pembelajaran siswa sebelum dilakukan tindakan atau pra siklus nilai rata -rata kelas 56,25 dengan kategori cukup. Peningkatan hasil tes menulis permulaan pada siklus I sebesar 11,21% nilai rata-rata menjadi 67,45 dengan kategori baik, kemudian pada siklus II naik sebesar 5% nilai rata-rata kelas menjadi 72,45 dengan kategori baik. Dengan demikian, dengan metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 1 Karangpakel Tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Kemampuan Menulius Permulaan, Metode Peta Pikiran (mind maping)

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Jan 2021 01:49
Last Modified: 21 Jan 2021 01:49
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item