EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM DARING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JOMBORAN, KLATEN DI SAAT PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Risma, Eka Ayu Widyastuti (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM DARING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JOMBORAN, KLATEN DI SAAT PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Risma Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM DARING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JOMBORAN KLATEN DI SAAT PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 RISMA EKA AYU WIDYASTUTI NIM. 1615100065 rismaekaaw48@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini didasari oleh pembelajaran dengan sistem daring di SD Negeri 1 Jomboran kurang berjalan dengan efektif. Berdasarkan wawancara kepada guru wali kelas 4, dikatakan bahwa tidak semua orang tua siswa memiliki fasilitas yang mendukung siswa untuk belajar dengan sistem daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas pembelajaran dengan sistem daring pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Jomboran, Klaten di saat pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan sistem daring pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Jomboran, Klaten di saat pandemi Covid-19 cukup efektif meskipun masih ada beberapa hambatan yang mengganggu pembelajaran daring yaitu koneksi internet dan beberapa siswa ada yang belum memiliki handphone untuk belajar daring. Hal ini dilihat dari indikator input terhadap karakteristik guru yaitu memotivasi, menumbuhkan semangat, dan menguasai teknologi, komunikasi dan informasi. Terkait fasilitas belajar siswa yaitu meliputi handphone/smartphone, jaringan internet, dan biaya membeli paket data internet. Indikator process terhadap alokasi waktu guru yaitu memanajemen waktu dengan efektif. Terkait alokasi waktu peserta didik yaitu memanfaatkan toleransi waktu dalam menyelesaikan tugas. Indikator output terhadap hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa di semester genap mencapai KKM. Terkait perubahan sikap siswa yaitu lebih termotivasi, disiplin, dan tepat waktu dalam pengumpulan tugas. Terkait indikator outcome terhadap manfaat yang diperoleh siswa, membuat siswa mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan baru, materi pelajaran dapat diakses dengan mudah, dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:46
Last Modified: 16 Feb 2021 02:46
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item