UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IXA SMP MUHAMMADIYAH 2 BOYOLALI PROGRAM KHUSUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Muhammad, Naufal Irsyad (2021) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IXA SMP MUHAMMADIYAH 2 BOYOLALI PROGRAM KHUSUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Muhammad Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD NAUFAL IRSYAD. NIM 1813100026. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament Pada Siswa Kelas IXA SMP Muhammadiyah 2 Boyolali Program Khusus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 2 Boyolali Program Khusus tahun pelajaran 2020/2021. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar matematika, hasil belajar matematika, dan pelaksanaan pembelajaran. Data aktivitas belajar dan pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari observasi selama proses pembelajaran berlangsung, kemudian data hasil belajar matematika diperoleh dari hasil tes yang dilaksanakan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu aktivitas belajar matematika siswa setidaknya mencapai 70% dan untuk hasil belajar, nilai rata-rata siswa meningkat dan setidaknya 80% siswa mencapai nilai KKM. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus persentase aktivitas belajar siswa adalah 45% dari total siswa, lalu pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,60% menjadi 53,60% dari total siswa, kemudian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,44% menjadi 72,04% dari total siswa. Pada tahap prasiklus terdapat 35% dari total siswa mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai kelas adalah 61,95, lalu dari hasil tes akhir siklus I terdapat 70% dari total siswa mencapai KKM dengan rata-rata nilai kelas adalah 76,70, kemudian pada tes akhir siklus II terdapat 85% dari total siswa mencapai KKM dengan rata-rata nilai kelas adalah 81,65. Hasil aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada siklus II telah memenuhi indikator yang telah ditetapkan. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), aktivitas belajar matematika, hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:37
Last Modified: 15 Apr 2021 02:37
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item