PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN (Studi Kasus Siswa Kelas IX MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul, Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021)

Deontiva, Hayuning Nagari Arifin (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN (Studi Kasus Siswa Kelas IX MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul, Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021). Masters thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Deontiva Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Deontiva Hayuning Nagari Arifin NIM 1881100016. “PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN (Studi Kasus Siswa Kelas IX MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul, Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana. Universitas Widya Dharma Klaten. 2021. Permasalahan yang diteliti merupakan keterampilan menulis teks laporan percobaan pada siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul masih belum berhasil. Alasan peneliti karena merupakan kasus tentang rendahnya pembelajaran menulis teks laporan percobaan dengan presentase 80% nilai siswa kurang dari 75 di bawah KKM. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah sebagai berikut:(1)untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis materi teks laporan percobaan pada siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul, semester gasal tahun pelajaran 2020/2021; (2)untuk mengetahui penyebab pembelajaran menulis materi teks laporan percobaan pada siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul, semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 terjadi sebagaimana nampak ketika dilakukan pengamatan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Lokasi Penelitian di MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul. Objek Penelitian yaitu proses pembelajaran keterampilan menulis dengan materi menulis teks laporan percobaan kelas IX MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul, semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Strategi penelitian menggunakan studi kasus . Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara kualitatif. Analisis data utama yaitu: diuraikan, diulas, dirangkum, disimpulkan, disarankan dan diprediksi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks laporan percobaan siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Semanu Gunungkidul semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut; (a) Guru tidak menggunakan apersepsi dan pre tes; (b) Dengan memiliki kemampuan menulis teks laporan percobaan secara baik dan sistematis, siswa akan memiliki kompetensi dalam menyampaikan laporan hasil percobaan secara tertulis; (c) Kreativitas guru dalam pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat; (d)Guru menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan siswa; (e) Guru menyiapkan materi pendukung. Kata Kunci: menulis teks laporan percobaan, studi kasus, kualitatif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 27 May 2021 04:32
Last Modified: 27 May 2021 04:32
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item