KESALAHAN-KESALAHAN BERBAHASA PARA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, DALAM TUGAS MATA KULIAH STRATEGIBELAJAR MENGAJAR, TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sri, Budiyono and Erry, Pranawa (2017) KESALAHAN-KESALAHAN BERBAHASA PARA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, DALAM TUGAS MATA KULIAH STRATEGIBELAJAR MENGAJAR, TAHUN PELAJARAN 2015/2016. PIBSI XXXIX. pp. 41-56.

[img] Text
KESALAHAN-KESALAHAN BERBAHASA PARA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, DALAM TUGAS MATA KULIAH STRATEGIBELAJAR MENGAJAR, TAHUN PELAJARAN 20152016.pdf

Download (334kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari kesalahan-kesalahan para mahasiswa dalam berbahasa Indonesia, khususnya dalam tugas-tugas ilmiah yang diberikan oleh dosen kepada para mahasiswanya. Kesalahan-kesalahan yang dikaji menyangkut tata tulis ejaan, morfologi, semantik, maupun sintaksisnya. Oleh sebab itu, bahasa yang digunakan dalam pertemuan ilmiah atau makalah yang mereka susun hendaklah berorientasi pada bahasa yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang salah dapat memengaruhi pembaca (bahasa seseorang). Hal ini bisa terjadi karena ada kemungkinan dia meniru bahasa yang salah tersebut. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti mencari sumber tertulis (lewat makalah yang mereka buat), observasi, dan wawancara. Salah satu kesalahan yang sering ditemukan di dalam makalah-makalah mereka dipaparkan kemudian dianalisis berdasarkan teori yang dipakai. Kesalahan ejaan yang masih sering muncul tersebut adalah penulisan di, partikel pun, penulisan kata gabung, penulisan kata ulang, pemakaian hurufbesar atau huruf kapital, dan pemakaian tanda titik, serta kesalahan dalam berlogika.Kesalahan-kesalahan yang ada tersebut mencerminkan bahwa para mahasiswa yang membuat tulisan tersebut kurang memerhatikan kaidah-kaidah penulisan yang benar dan bahkan karena kekurangtahuannya terhadap aturan-aturan yang ada dalam EYD. Kesalahan-kesalahan ejaan yang sering terjadi tersebut memang merupakan kesalahan umum yang banyak terjadi dan bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja, di antara kita (termasuk para guru/dosen sekalipun). Namun, kalau para pembaca (tidak hanya orang yang ahli bahasa) mengakui bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan bahasa negara, pastilah akan selalu berusaha menggunakannya sebaik mungkin. Kata kunci: kesalahan berbahasa, ejaan, berlogika

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:46
Last Modified: 11 Jun 2021 03:46
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2315

Actions (login required)

View Item View Item