UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS III DI SDN 3 KETANDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Farida, Hidayati (2021) UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS III DI SDN 3 KETANDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Farida Fix.pdf

Download (950kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pembelajaran dengan sistem daring di SD Negeri 3Ketandan membutuhkan dukungan dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak di rumah selamamasa pendemi Covid-19 pada Siswa Kelas 3 di SDN 3 Ketandan Klaten tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berkaitan dengan upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak di rumah selamamasa pendemi Covid-19 pada Siswa Kelas 3 di SDN 3 Ketandan Klaten tahun ajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas III. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang diberikan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sudah cukup baik. Hal ini dilihat dari indikator input, indikator process, indikator output, dan indikator outcome. Terkait indikator input terhadap tingkat kemampuan orang tua dan anak dalam menggunakan teknologi pembelajaran penunjang seperti handphone/smartphone sudah cukup baik. Pada indicator Proccess berdasarkan proses pembelajran yang dilakukan bahwa permasalahan seperti sinyal dan alat komunikasi yang terbatas dipersepsikan menghambat proses pembelajaran daring baik oleh orang tua dan siswa. Selanjutnya, berdasarkan penjelasan diatas diketahui bahwa alokasi waktu pembelajaran siswa saat melaksanakan proses pembelajaran daring telah ditetapkan oleh sekolah sesuai jam mata pelajaran yang diberikan. Kondisi lenggang antara siang hingga sore dimanfaatkan siswa untuk beristirahat sehingga tubuh siswa dapat terjaga. Selanjutnya, pada indikator Output, berdasarkan sikap anak terhadap proses pembelajaran daring menunjukan bahwa terdapat potensi masalaha dalam sikap anak saat proses pembelajaran daring. Hambatan-hambatan yang muncul seperti kualitas sinyal dimana tidak mampu dikontrol oleh kemampuan siswa dapat mempengaruhi sikap anak dalam menjalankan pembelajaran daring Kata kunci: Upaya orang tua, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:29
Last Modified: 09 Jul 2021 03:29
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2336

Actions (login required)

View Item View Item