PEMBELAJARAN MENANGGAPI CERITA SISWA KELAS V SDN 2 PANUNGGALAN, KECAMATAN PULOKULON, KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Muhamad, Misbakul Majid (2015) PEMBELAJARAN MENANGGAPI CERITA SISWA KELAS V SDN 2 PANUNGGALAN, KECAMATAN PULOKULON, KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Muhamad misbakul majid.fix.pdf

Download (787kB)

Abstract

MUHAMAD MISBAKUL MAJID. NIM. 1211109250. Pembelajaran Menanggapi Cerita Siswa Kelas V SDN 2 Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menanggapi cerita di kelas V SDN 2 Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015?; 2) Mengapa dalam pembelajaran menanggapi cerita di kelas V SDN 2 Panunggalan Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015 berlangsung seperti saat peneliti melakukan penelitian? Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berbentuk kata-kata tertulis maupun lisan. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan dan memberikan gambaran mengenai pembelajaran menanggapi cerita siswa kelas V SDN 2 Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis mengenai Pembelajaran Menanggapi Cerita dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1) Ada beberapa kasus dalam pembelajaran menanggapi cerita di kelas V SDN 2 Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu: (1) Pembelajaran tidak sesuai dengan RPP; (2) Pelaksanaan dalam pembelajarannya tidak menggunakan materi yang tepat (3) Pelaksanaan dalam pembelajaranya kinerja guru kurang sesuai dengan yang diharapkan; (4) Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan pendekatan kontekstual; (5) Media pembelajaran berupa buku teks pelajaran; (6) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang tepat; (7) Siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran; 2) Kasus dalam pembelajaran menanggapi cerita di kelas V SDN 2 Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015karena: (1) Pembelajaran tidak sesuai dengan RPP karena guru menganggap bahwa RPP telah dibuat oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) itu merupakan kesepakatan bersama yang harus dihormati. Tetapi dalam pelaksanaan di lapangan guru tidak menggunakan RPP tersebut; (2) Pelaksanaan dalam pembelajarannya tidak menggunakan materi yang tepat karena guru terpancang pada buku paket padahal materi tersebut tidak sesuai dengan kondisi siswa jaman sekarang; (3) Pelaksanaan dalam pembelajaranya kinerja guru kurang sesuai dengan yang diharapkan karena guru masih sering menggunakan bahasa campuran dalam pembelajaran, dalam menyampaikan pertanyaan sulit dipahami siswa, siswa tidak respon terhadap pertanyaan dari guru dan guru terlalu cepat dalam memberikan perintah pada siswa; (4) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang tepat karena hasil evaluasi dari siswa kurang sesuai yang diharapkan guru jika menggunakan teori dari Diknas 2003 dengan model pembobotan masing-masing unsur; (5) Siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran karena saat guru menjelaskan siswa hanya sibuk dengan memperhatikan guru yang menjelaskan materi sambil mondar-mandiri, ketika disuruh menceritakan kembali tidak bisa dan siswa kurang bisa mengurutkan peristiwa atau kejadian yang dialami.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:54
Last Modified: 13 Feb 2019 01:54
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item