PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Fitriana, Wulandari (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Fitriana Fix.pdf

Download (810kB)

Abstract

Fitriana Wulandari. NIM 1713100013. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Internet Sebagai Sumber Belajar terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Berbasis High Order Thinking Skills Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) ada tidaknya pengaruh positif kemandirian belajar terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking Skills siswa kelas XI SMA Negeri 2 Klaten tahun pelajaran 2020/2021, 2) ada tidaknya pengaruh positif internet sebagai sumber belajar terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking Skills siswa kelas XI SMA Negeri 2 Klaten tahun pelajaran 2020/2021, 3) ada tidaknya pengaruh positif antara kemandirian belajar dan internet sebagai sumber belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking Skills siswa kelas XI SMA Negeri 2 Klaten tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Variabel penelitian ini yaitu kemandirian belajar (1) dan internet sebagai sumber belajar (2) sebagai variabel bebasa dan kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking Skills () sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Klaten, diambil sampel sebanyak 36 siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknis pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji linieritas. Setalah data penelitian diolah dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh yang positif kemandirian belajar terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking Skills, 2) ada pengaruh positif internet sebagai sumber belajar terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking, 3) ada pengaruh positif antara kemandirian belajar dan internet sebagai sumber belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking Skills. Besar pengaruh variabel kemandirian belajar dan variabel internet sebagai sumber belajar terhadap variabel terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking Skills adalah 44,40% dan sisanya sebasar 55,60% dipengaruhi oleh variabel bebas diluar penelitian. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Internet Sebagai Sumber Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Berbasis High Order Thinking Skills

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:40
Last Modified: 02 Aug 2021 04:40
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item