ANALISIS ISI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 YANG DIREVISI TERBITAN YUDHISTIRA SMP KELAS VII EDISI REVISI 2019 DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK

Galuh, Arista Praja (2021) ANALISIS ISI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 YANG DIREVISI TERBITAN YUDHISTIRA SMP KELAS VII EDISI REVISI 2019 DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Galuh Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Galuh Arista Praja. 1713100011. Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi. ANALISIS ISI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 YANG DIREVISI TERBITAN YUDHISTIRA SMP KELAS VII EDISI REVISI 2019 DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Isi Buku Teks Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 yang telah direvisi Terbitan Yudhistira SMP Kelas VII Edisi Revisi 2019 sudah disajikan sesuai dengan Implementasi Pendekatan Saintifik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku dan lembar validasi analisis buku. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi dan angket. Sumber data terdiri dari Sumber data primer yaitu buku siswa matematika kelas VII yang berjudul “Jelajah Matematika SMP Kelas VII”, diterbitkan oleh Yudhistira dan sumber data sekunder yaitu buku yang relevan, jurnal, serta penelitian sebelumnya. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang memiliki tiga komponen yaitu (1) reduksi data, (2) sajian data, (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis isi buku diperoleh kesimpulan bahwa Buku Teks Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 yang Direvisi Terbitan Yudhistira SMP Kelas VII Edisi Revisi 2019 sudah disajikan sesuai dengan implementasi pendekatan saintifik dengan persentase yang didapatkan yaitu 41% atau termasuk dalam kategori cukup baik. Implementasi pendekatan saintifik telah tercermin dengan adanya langkah-langkah pembelajaran melalui penerapan 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan) yang telah disajikan dalam setiap bab, tetapi tidak ada rangkaian kegiatan pada buku yang secara utuh menerapkan tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Kata kunci : Analisis, Buku Teks Matematika, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 03 Aug 2021 02:21
Last Modified: 03 Aug 2021 02:21
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item