PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 1 GODAN, KECAMATAN TAWANGHARJO, KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Munawati, Munawati (2015) PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 1 GODAN, KECAMATAN TAWANGHARJO, KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Munawati.fix.pdf

Download (942kB)

Abstract

MUNAWATI. NIM 1211109264. “Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimanakah hasil pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015?; 2) Apakah hambatan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui hasil pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Mengetahui hambatan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dan merupakan proses pengkajian studi kasus. Objek penelitian adalah pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini siswa dan guru kelas V SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif, yang terdiri dari tiga komponen analisisnya yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan masalah ”Pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015, peneliti dapat membuat simpulan : 1) Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar siswa kelas V SDN 1 Godan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan: a) sudah diawali dengan presensi siswa; b) sarana tidak digunakan secara maksimal; c) materi tidak sesuai dengan RPP; d) menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan pemberian tugas; e) pengembangan evaluasi kurang maksimal: 2) Hambatan-hambatan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman : a) sarana tidak digunakan secara maksimal, karena guru hanya menggunakan papan tulis sebagai laat peraga b) materi tidak bervariasi karena guru berpedoman buku paket, c) metode metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan pemberian tugas menyebabkan guru aktif siswa pasif, d) pengembangan evaluasi kurang maksimal karena kurang menilai aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:01
Last Modified: 13 Feb 2019 02:01
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item