PENELITIAN TINDAKAN KELAS PERAN SMARTPHONE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JOGONALAN

Rini, Puji Lestari (2021) PENELITIAN TINDAKAN KELAS PERAN SMARTPHONE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JOGONALAN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
RINI fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

PERAN SMARTPHONE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JOGONALAN Oleh: RINI PUJI LESTAR1 1812200006 Tujuan penelitian ini antara lain, adalah untuk mengetahui bagaimana peran smartphone terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKN siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jogonalan Klaten. Rumusan masalah yang akan dibahas berkaitan dengan bagaimana peran smartphone terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKN siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jogonalan Klaten? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu penelitian tindakan yang dilaksanakan sebagai strategi pemecahan masalah dengan memanfaatkan tindakan nyata kemudian melakukan refleksi terhadap hasil tindakan. Hasil tindakan dan refleksi tersebut dijadikan sebagai langkah pemilihan tindakan berikutnya sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Pada penelitian ini yang menjadi subyek adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jogonalan, Klaten, dengan jumlah siswa 32 anak. Setelah dilakukan pengamatan, peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut: aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SMP N 2 Jogonalan masih rendah, banyak siswa yang mempunyai smartphone tetapi tidak digunakan untuk mengerjakan tugas dan memahami materi lebih mendalam. Membutuhkan bimbingan dan arahan dari guru untuk menyediakan link yang dibutuhkan. Melalui penerapan metode daring menggunakan smartphone dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas dilihat adanya peningkatan. Peningkatan ini terlihat dari kenaikan presentase aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas. Dapat dinilai dari ketepatan pengumpulan tugas dan juga presensi. Nilai rata-rata pengerjaan tugas pada pra siklus 47% yang mengerjakan dengan baik dan tepat waktu siklus I mencapai 87,5% dan pada siklus II naik menjadi 100%. Jadi seluruh indikator keberhasilan pada aktivitas siswa kelas VII B telah tercapai. Peningkatan prestasi belajar siswa karena siswa sudah memanfaatkan smartphone dengan baik dalam memahami materi yang diberikan oleh peneliti. Ketuntasan belajar siswa sudah terpenuhi yaitu 100% dari jumlah siswa memperoleh ≥ 75. Kata Kunci: peran, smartphone, prestasi

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. PPKn
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:59
Last Modified: 05 Aug 2021 04:59
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item