KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS ULASAN FILM “KAKAK ADIK” SECARA LISAN (PENELITIAN EKSPERIMEN) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019

Laely, Mardiana (2020) KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS ULASAN FILM “KAKAK ADIK” SECARA LISAN (PENELITIAN EKSPERIMEN) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Masters thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Laely Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Laely Mardiana. NIM. 1781100036. KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MENGEVALUASI TEKS ULASAN FILM “KAKAK ADIK” SECARA LISAN (PENELITIAN EKSPERIMEN) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019 Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keefektifan model time token ditinjau dari motivasi dan kemampuan pembelajaran mengevaluasi teks ulasan film “kakak adik” secara lisan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi dan motivasi rendah. 3) Mendeskripsikan interaksi antara model time token dengan tingkat motivasi dalam pembelajaran mengevaluasi teks ulasan film “kakak adik” secara lisan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya seluruh siswa kelas VIII berjumlah 280 orang. Sampel sebanyak 28 siswa diambil dengan teknik sampel sederhana/random sampling technique. Analisis evaluasi hasil belajar dilakukan secara kontrol dan eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan cara membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model time token. Sedangkan kontrol dilakukan dengan cara membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran tanpa menggunakan model time token. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu dengan rata-rata kelas kontrol sebesar 80 dan kelas eksperimen sebesar 86,57. Rata-rata motivasi kontrol atau motivasi rendah sebesar 55,19 dan rata-rata motivasi eksperimen atau motivasi tinggi sebesar 66,93. Dengan demikian dapat disimpulkan 1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan model time token dengan siswa yang tidak menggunakan model time token 2) Siswa dengan motivasi tinggi hasil belajarnya lebih baik dari pada siswa yang motivasinya rendah 3) Ada interaksi antara model time token dengan tingkat motivasi dalam pembelajaran mengevaluasi teks ulasan film “kakak adik” secara lisan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Margasari tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 19 Aug 2021 05:51
Last Modified: 19 Aug 2021 05:51
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item View Item