PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Lathifah, Bekti (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Lathifah Fix.pdf

Download (423kB)

Abstract

LATHIFAH BEKTI. NIM 1713100002. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara Tahun Pelajaran 2020/2021.” Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara tahun pelajaran 2020/2021 (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara tahun pelajaran 2020/2021 (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah ex post facto . Penelitian dilakukan terhadap 35 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dari siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk memperoleh daya tentang motivasi belajar (1) dan lingkungan teman sebaya (2), sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar matematika (). Sebaran data variabel motivasi belajar, lingkungan teman sebaya dan prestasi belajar matematika berdistribusi normal. Sedangkan pengaruh antara variabel motivasi belajar terhadap variabel prestasi belajar matematika maupun antara variabel lingkungan teman sebaya terhadap variabel prestasi belajar matematika bersifat linier. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis korelasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara tahun pelajaran 2020/2021 dengan sumbangan efektif 38,7% (2) ada pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara tahun pelajaran 2020/2021 dengan sumbangan efektif 24,6% (3) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara tahun pelajaran 2020/2021 dengan sumbangan efektif 63,3% Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 24 Aug 2021 02:37
Last Modified: 24 Aug 2021 02:37
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item