PENGARUH ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

Rohmad, Bagus Prabowo (2020) PENGARUH ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Rohmad Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

ROHMAD BAGUS WIBOWO NIM 1421103641, Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Widya Dharma Klaten, Skripsi.“ PENGARUH ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN”. Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik instagram sendiri. Dari kelebihan fitur tersebut, membuat sebagian orang berkesempatan untuk menjadikan instagram sebagai lahan untuk berbisnis disebut dengan online shop. Online shop pada instagram sangat memudahkan orang-orang untuk berbelanja secara online. Banyaknya akun online shop pada instagram, pastinya membuat dampak yang memicu perilaku konsumtif. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui pengaruh online shop pada media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif melalui kuisioner kepada 109 responden. Responden yang dipilih adalah mahasiswa Universitas Widya Dharma yang menggunakan dan mengakses online shop pada media sosial instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh online shop pada media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif dan faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode survei, metode survei adalah metode riset yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya, tujuannya untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori uses and effect, yang menyebabkan terjadinya penggunaan media. Untuk mengidentifikasi kebutuhan khalayak penulis menggunakan konsep McQuail yaitu motif informasi, motif interaksi sosial, motif hiburan, motif identitas pribadi dan teori reinformant imitasi dengan pengukuran menggunakan konsep individual differences. Adapun hipotesisnya adalah terdapat pengaruh online shop pada media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Widya Dharma. Berdasarkan hasil dan penelitan dan hasil uji t (parsial) menunjukkan variabel frekuensi terpaan, selective attention, motif informasi, motif identitas pribadi, motif hiburan, pendapat dan pembujukan, kepercayaan, dan kepribadian dan penyesuaian diri berpengaruh positif terhadap siswa-siswi, tetapi variabel motif interaksi sosial berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif siswa-siswi. Sedangkan koefisien determinasi yang telah disesuaikan ( R Square) sebesar 0,162 artinya frekuensi terpaan, selective attention, motif informasi, motif identitas pribadi, motif interaksi sosial, motif hiburan, pendapat dan pembujukan, kepercayaan, dan kepribadian dan penyesuaian diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa-siswi sebesar 16,2% dan sisanya 83,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Kata kunci: pengaruh, online shop, instagram, perilaku konsumtif, motif.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:49
Last Modified: 25 Aug 2021 04:49
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item View Item