UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN KARANGAN NARASI MELALUI TEKNIK PENGEMBANGAN TEKS WAWANCARA

Sriyati, Sriyati (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN KARANGAN NARASI MELALUI TEKNIK PENGEMBANGAN TEKS WAWANCARA. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sriyati.fix.pdf

Download (617kB)

Abstract

SRIYATI, NIM 121109283. Skripsi: Upaya Peningkatan Kemampuan Pengembangan Karangan Melalui Teknik Pengembangan Teks Wawancara. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Penggunaan teks wawancara sebagai alat bantu dalam mengembangkan karangan narasi akan membantu siswa untuk menceritakan kembali sesuatu peristiwa atau kejadian secara kronologis. Kegiatan seperti ini menyuburkan kesempatan kreatif bagi siswa dalam menampilkan gagasan dan keahlian memilih kata serta merangkainya menjadi kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan kemampuan mengembangkan karangan narasi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2015/2016 melalui teknik pengembangan teks wawancara ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan kemampuan mengembangkan karangan narasi melalui teknik pengembangan teks wawancara pada kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali dengan jumlah siswa 34. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes (observasi dan jurnal). Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai siswa Berdasarkan paparan data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa melalui teknik pengembangan teks wawancara dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dalam menulis karangan narasi. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis karangan narasi meningkat dari 66,1 (kategori Cukup) menjadi 78,4 (kategori Baik) pada siklus I dan meningkat sebesar 5,5 menjadi 83,9 (kategori Baik) pada siklus II. Pencapaian tingkat keberhasilan pun mengalami peningkatan yang signifikan. Tingkat keberhasilan siswa dalam menulis karangan narasi melalui teknik pengembangan teks wawancara dalam satu kelas pada pra siklus sebesar 41,17%, pada siklus I meningkat menjadi 79,41% dan meningkat sebesar 20,59% menjadi 100% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Feb 2019 05:07
Last Modified: 13 Feb 2019 05:07
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item