ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET ARITMATIKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 WEDI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Wahyu, Dwi Andayani (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET ARITMATIKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 WEDI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Wahyu Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

WAHYU DWI ANDAYANI. NIM 1713100009. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika. Universitas Widya Dharma Klaten. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmatika pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wedi Tahun Pelajaran 2020/2021”. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wedi dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika, (2) menemukan penyebab kesalahan, dan (3) memberikan solusi agar siswa tidak melakukan kesalahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil kelas XI IPA 3. Pengambilan subjek yang diteliti menggunakan perpaduan metode purposive sampling dan metode stratified sampling. Kemudian untuk metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data yang dilakukan dengan membandingkan dan mengecek data hasil tes dengan data hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh kesimpulan bahwa jenis siswa melakukan 1) kesalahan membaca soal sebesar 95,00%, kesalahan memahami masalah sebesar 44,31%, kesalahan transformasi masalah sebesar 39,44%, kesalahan keterampilan proses sebesar 35,83%, dan kesalahan penulisan kesimpulan sebesar 42,78%. 2) Penyebab kesalahan yang berasal dari siswa dan guru. Penyebab kesalahan yang berasal dari siswa antara lain: siswa belum paham apa yang menjadi kata kunci, siswa kurang teliti membaca soal, siswa belum memahami apa rumus yang digunakan, siswa yang masih kurang memahami materi, siswa kurang teliti melakukan perhitungan. Penyebab kesalahan yang berasal dari guru antara lain: guru tidak memberikan materi prasyarat sebelum masuk ke pokok bahasan yang baru, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, guru tidak menjalaskan dengan langkah-langkah yang runtut dan jelas, metode pembelajaran yang kurang bervariasi, sumber belajar yang digunakan hanya terpaku terhadap buku paket siswa. 3) Solusi untuk siswa agar tidak melakukan kesalahan mengerjakan soal anatara lain: siswa hendaknya membiasakan diri untuk membaca soal-soal dengan teliti, siswa juga harus terlebih dahulu mempersiakan diri yang matang sebelum mengikuti pembelajaran, siswa harus sering melatih untuk mengerjakan soal-soal. Serta solusi untuk guru agar tidak mengalami kesalahan dalam mengajar antara lain: guru harus bisa menjelaskan terlebih materi prasyarat sebelum masuk ke pokok bahasan yang baru, guru hendaknya tidak hanya menekankan pada pemberian rumus akan tetapi lebih ditekankan pada pemahaman konsep, guru sesekali menggunakan alat peraga agar lebih mudah dipahami siswa, sebaiknya sumber belajar yang digunakan bermacam-macam agar memudahkan guru pada saat mengajar di kelas. Kata kunci: Analisis kesalahan siswa, barisan dan deret aritmatika

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:41
Last Modified: 26 Aug 2021 04:41
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item