PEMBELAJARAN BERCERITA BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN MEDIA LOOSEPART DENGAN SISTEM BELAJAR DARI RUMAH DI TK DVASTU KLATEN SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Hartatik, Yuni Astuti (2021) PEMBELAJARAN BERCERITA BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN MEDIA LOOSEPART DENGAN SISTEM BELAJAR DARI RUMAH DI TK DVASTU KLATEN SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Hartatik Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

HARTATIK YUNI ASTUTI, NIM. 188100021. Pembelajaran Bercerita Berbasis STEAM Menggunakan Media Loosepart dengan Sistem Belajar dari Rumah di TK Dvastu Klaten. Tahun Pelajaran 2020/2021. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa. Program Pascasarjana. Universitas Widya Dharma Klaten.Tahun 2021. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran bercerita berbasis STEAM menggunakan media loosepart dengan sistem belajar dari rumah di TK Dvastu Klaten? 2) Apakah terdapat kendala dalam penerapan pembelajaran bercerita berbasis STEAM menggunakan media loosepart dengan sistem belajar dari rumah di TK Dvastu Klaten? 3) Bagaimana tanggapan orang tua dan peserta didik dalam penerapan pembelajaran bercerita berbasis STEAM menggunakan media loosepart dengan sistem belajar dari rumah di TK Dvastu Klaten? Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang pembelajaran bercerita, metode STEAM, media loosepart, perkembangan aspek bahasa, dan belajar dari rumah. Penelitian ini adalah studi kasus dan diskripsi kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Dvastu Klaten dan difokuskan pada 1 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang. Waktu penelitian dimulai pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Objeknya adalah tuturan guru dan siswa. Data diambil dengan cara (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi, (4) rekam/ audio visual, dan (5) angket/ kuesioner. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) penerapan pembelajaran bermuatan STEAM menggunakan media loosepart melalui kegiatan belajar dari rumah untuk PAUD berhasil dengan baik, dalam bercerita, cerita yang ada dan disampaikan guru bertujuan untuk menstimulasi anak terkait kemampuan dengan sains, technology, enginering, art, and mathematics yang dapat bersinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan dukungan media loosepart yang ada di rumah. (2) kendala-kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah: (a) kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, (b) kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, (c) tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, (d) orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dari rumah, (e) kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, (f) dan kendala terkait jangkauan layanan internet. (3) tanggapan orang tua dan peserta didik dalam pembelajaran bermuatan STEAM menggunakan media loosepart melalui kegiatan belajar dari rumah. Kata kunci: STEAM, Loosepart, belajar dari rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:05
Last Modified: 03 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item