PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMPERKENALKAN DIRI DAN ORANG LAIN DALAM FORUM DISKUSI KELOMPOK (Studi kasus pada siswa kelas X E SMA N 1 Purwantoro, Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019)

Siyat, Siyat (2021) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMPERKENALKAN DIRI DAN ORANG LAIN DALAM FORUM DISKUSI KELOMPOK (Studi kasus pada siswa kelas X E SMA N 1 Purwantoro, Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019). Masters thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Siyat Fix.pdf

Download (554kB)

Abstract

Siyat. 2081100003 “Pembelajaran Keterampilan Memperkenalkan Diri dan Orang Lain dalam Forum Diskusi Kelompok pada siswa kelas XE SMA N 1 Purwantoro,Wonogiri. 2018”Tesis Program studi Pendidikan Bahasa. Program Pascasarjana Univeritas Widya Dharma Klaten. 2021. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan;(1).Pelaksanaan pembelajaran keterampilan memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain dalam diskusi kelompok pada siswa kelas XE SMA Negeri 1 Purwantoro Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Mengungkap terjadinya kasus dalam pembelajaran keterampilan memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang Iain dalam diskusi kelompok. di kelas XE SMA Negeri 1 Purwantoro berlangsung seperti pada saat peneliti melaksanakan pengamatan ? Jenis Penelitian yang di gunakan adalah kualitatif yang di lakukan secara alami (natural setting). Tehnik penyediaan menggunakan tujuh langkah penyediaan data dengan observasi, Tektualisasi, multikolom, segmentasi, temanisasi, proposionalisasi dan reduksi. Validitas data dengan cara memperpanjang keterlibatan, pengamatan yang mendalam, dan mereview informasi utama. Tehnik analisa data dengan menggunakan lima langkah yakni: diurai, diulas, dirangkum, disimpulkan dan disarankan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan memperkenalkan diri dan orang lain dalam diskusi kelompok pada siswa kelas XE SMA N 1 Purwantoro,Wonogiri.2018/2019 Sudah baik, tetapi belum berjalan secara obtimal. Hal ini dapat di lihat dari; a) Guru sudah melaksanakan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. b). Siswa tertib dalam mengikuti dalam kegiatan pembelajaran karena selama proses pembelajaran siswa memperhatikan dengan baik, tetapi perolehan nilai masih banyak yang tidak sesuai harapan. c) Media pembelajaran yang di pakai oleh Guru masih kurang. d) Guru menggunakan metode inquiri, dengan beberapa teknik, seperti: demonstrasi, diskusi kelompok, tanya jawab, presentasi selama proses pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa untuk bertanya, tetapi siswa belum berani mengajukan pertanyaan sebelum ditanya oleh guru. e) Materi yang di gunakan oleh guru sudah baik karena sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang di tulis dalam silabus dan RPP.f) Kemampuan siswa dalam pemilihan diksi dan penggunaan ejaan yang di sempurnakan tidak sama sehingga mempengarui hasil praktek. Kata Kunci: Pembelajaran, Keterampilan,Memperkenalkan diri dan Orang Lain dalam Forum Diskusi Kelompok

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:10
Last Modified: 07 Sep 2021 04:10
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2581

Actions (login required)

View Item View Item