PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA KETRAMPILAN MEMBACA TEKS DENGAN MENGGUNAKAN BION DI SDN CANDIREJO SEMIN

Dian, Windiatmoko (2021) PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA KETRAMPILAN MEMBACA TEKS DENGAN MENGGUNAKAN BION DI SDN CANDIREJO SEMIN. Masters thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Dian Fix.pdf

Download (518kB)

Abstract

Dian Windiatmoko, NIM 1981100006. “PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA KETRAMPILAN MEMBACA TEKS DENGAN MENGGUNAKAN BION PADA SDN 1 CANDIREJO SEMIN”. Tesis. Program studi Pendidikan Bhasa Indonesia. Program Pascasarjana. Universitas Widya Dharma Klaten. 2021. Permasalahan yang diteliti merupakan ketrampilan membaca teks pada siswa kelas IV di SDN 1 Candirejo semin masih belum berhasil. Alasan peneliti karena merupakan kasus tentang rendahnya pembelajaran ketrampilan membaca teks. Tujuan dalam penelitian adalah sebagai berikut : (1)untuk mengetahui aspek pelaksanaan pembelajaran menulis materi membaca teks dengan menggunakan BION di SDN 1 Candirejo Semin; (2) untuk mengetahui mengapa guru melaksanakan pembelajaran daring pada ketrampilan membaca teks; (3) untuk mengetahui tantangan yan dihadapi guru dalam pembelajaran daring Lokasi penelitian di SDN 1 Candirejo Semin. Objek penelitian yaitu proses pembelajaran ketrampilan menulis dengan materi membaca teks. Strategi dalam penelitian ini menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara kualitatif. Analisis data utama yaitu ; diuraikan, diulas, dirangkum, disimpulkan, disarankan dan diprediksi. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan BION adalah sebagai berikut ; (1) pelaksanaan pembelajaran daring pada ketrampilan membaca teks dengan menerapkan BION di SDN 1 Candirejo semin, bahwa guru sudah menyiapkan perangkat pembelajaran dengan baik; (2) pentingnya pembelajaran membaca teks dengan menggunakan BION di SDN 1 Candirejo berdampak pada kedisiplinan siswa, mendidik siswa untuk bertanggung jawab; (3) Tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran daring, terkadang siswa kurang berkonsentrasi dalam melaksanakan pembelajaran, media yang tidak mendukung pembelajaran, pengkondisian siswa yang belum terprogram dengan baik, evaluasi pembelajaran menggunakan BION sebagai reward dalam refleksi pemberian tugas dan ketepatan waktu yang diberikan oleh guru. Kata kunci : pembelajaran daring, membaca teks, studi kasus

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:46
Last Modified: 08 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2586

Actions (login required)

View Item View Item