PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KADILAGGON WEDI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Mega, Ismayawati (2021) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KADILAGGON WEDI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Mega Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Kadilanggon Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitan ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa yang ditandai dengan (1) siswa sering izin keluar kelas, (2) siswa telat masuk keasl. Hal ini disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang interaktif dan kedisiplinan guru, sehingga secara tidak langsung siswa menirunya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1 Kadilanggon Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV, V dan VI yang berjumlah 95 siswa dan pengambilan sampel 10% dari populasi yang ada. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling dan banyak sampel menjadi 34 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji-uji yang hasilnya semua butir kuisioner valid dan reliabel dengan nilai 0,927 dan 0,908. Hasil uji normalitas sebesar 0,200 dan uji linearitas sebesar 0,879. Hasil dari penelitian ini menunjukan adannya pengaruh kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Kadilanggon Wedi Klaten. Hal ini ditunjukan dari nilai signifikan 0,20 < 0,05. Koefisien determinasi dari hasil penelitian ini sebesar 0,215 hal ini berarti kedisiplinan guru dalam mengajar di SD Negeri 1 Kadilanggon Wedi Klaten memberikan sumbangan efektif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 21,5% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : kedisiplinan guru dalam mengajar, motivasi belajar siswa, pendekatan ex post facto

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:03
Last Modified: 08 Sep 2021 04:03
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item