PENERAPAN MODUL (TEMA 7 SUBTEMA 1) BERBASIS METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KALIKOTES KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Tiara, Nadila Gusnanda (2021) PENERAPAN MODUL (TEMA 7 SUBTEMA 1) BERBASIS METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KALIKOTES KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Tiara Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji modul tema 7 subtema 1 berbasis metode Jigsaw terhadap kerjasama siswa kelas IV SDN 3 Kalikotes Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan design eksperimen. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskriptif data dari masing-masing variabel, validitas kuesioner kerjasama yang berjumlah 23 item pernyataan. Nilai variabel dari instrumen dinyatakan reliabel karena nilai Alpha lebih dari 0,6. Taraf signifikansi dalam uji normalitas menggunakan Kolmogorov- Smirnova ini lebih besar dari 0,05 maka data berdistribusi normal, pada uji homogenitas nilai signifikan Based on Mean dapat disimpulkan kedua varian adalah homogen, dan kedua data tersebut memiliki hubungan linier dengan nilai Deviation from Linearity Sig 0,709 < 0,05 lebih besar Nilai Sig. (2 tailed) pada t- Tes Independent Sampel sebesar 0,665 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen (menggunakan modul berbasis metode Jigsaw) adalah sebesar 70,41 atau 70,4% dengan nilai N-gain score minimal 48,78 dan maksimal 100% termasuk dalam kategori cukup efektif apabila menggunakan modul berbasis metode Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul berbasis metode Jigsaw dapat meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 3 Kalikotes Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Rata-rata siswa kelas eksperimen diperoleh 90,26 dengan presentase keberhasilan siswa sebesar 90% sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 13,55 dengan presentase keberhasilan siswa sebesar 13% Kata kunci : modul berbasis metode Jigsaw, kerjasama.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:06
Last Modified: 08 Sep 2021 04:06
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item