PERANAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM AKTUALISASI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV DAN V MI AL MA`ARIF DRONO KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nugroho, Supraptiningsih (2015) PERANAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM AKTUALISASI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV DAN V MI AL MA`ARIF DRONO KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nugroho supraptiningsih.fix.pdf

Download (621kB)

Abstract

NUGROHO SUPRAPTININGSIH, NIM 1212205736, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi : “Peranan Pendidikan Kepramukaan dalam Aktualisasi Kedisiplinan Siswa Kelas IV dan V MI Al Ma`arif Drono Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Pendidikan Kepramukaan dalam Aktualisasi Kedisiplinan Siswa kelas IV dan V MI Al Ma`arif Drono Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Permasalahan di dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah Peranan Pendidikan Kepramukaan dalam Aktualisasi Kedisiplinan Siswa kelas IV dan V MI Al Ma`arif Drono Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif dengan paradigma kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah peranan pendidikan kepramukaan terhadap aktualisasi kedisiplinan siswa kelas IV dan V MI Al Ma`arif Drono Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Sumber data atau informan pada penelitian ini adalah seluruh Pembina dan sebagian anggota pramuka MI Al Ma`arif Drono Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan teknis analisis data interaktif, dengan menerapkan tiga unsur utama yaitu sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasar pada analisis data yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Peranan pendidikan kepramukaan dalam aktualisasi kedisiplinan siswa dapat terlihat dari : 1. Semakin tertibnya siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah, baik kegiatan intra maupun ekstra kurikuler. 2. Siswa yang mengikuti kegiatan Pramuka lebih nampak mudah menertibkan diri jika dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan pramuka. 3. Dengan kedisiplinan yang mantap, siswa lebih berani dalam mengatur rekan- rekannya pada waktu pelaksanaan upacara bendera hari Senin, maupun hari-hari besar lainnya. 4. Siswa yang mengikuti kegiatan pramuka dalam kehadiran di sekolah selalu lebih awal jika dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan pramuka. 5. Dalam pelaksanaan pembelajaran, siswa yang mengikuti kegiatan pramuka lebih nampak maju dan berani terbuka jika dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti pramuka.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. PPKn
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Feb 2019 07:56
Last Modified: 13 Feb 2019 07:56
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item