IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SDIU AL AZHAR KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Shaleh, Harwanto (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS III SDIU AL AZHAR KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Shaleh Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SD Islam Unggulan Al Azhar Klaten. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III SD Islam Unggulan Al Azhar Klaten, (2) memaparkan cara penerapan model pembelajaran CTL dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III SD Islam Unggulan Al Azhar Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh kesimpulan : (1) penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SD Islam Unggulan Al Azhar Klaten. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sebesar 57,10% menjadi 85,70% pada siklus II, (2) dalam menerapkan model pembelajaran CTL diperlukan adanya kreativitas guru dalam mengajar. Guru harus bisa menghubungkan materi pembelajaran dengan dunia nyata siswa, sehingga siswa dapat menggali pengetahuannya sendiri dengan menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru yang mereka dapatkan. Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), implementasi CTL, peningkatan kemampuan berhitung.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:35
Last Modified: 21 Sep 2021 04:35
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item