PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII B MTs Negeri 2 Klaten Fillial Kepoh Delanggu Tahun Pelajaran 2019/2020)

Pintan, Raysa Amalia (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII B MTs Negeri 2 Klaten Fillial Kepoh Delanggu Tahun Pelajaran 2019/2020). Masters thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Pintan Fix.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pintan Raysa Amalia, NIM. 781100029 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII B MTs Negeri 2 Klaten Fillial Kepoh Delanggu Tahun Pelajaran 2019/2020), Tesis, 2021 Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kesulitan siswa dalam pembuatan puisi dan efek apakah yang terjadi bila pembelajaran menulis puisi dengan media video. Indikator keberhasilan merupakan tercapainya tujuan pembelajaran yang dibuktikan dengan keterlibatan siswa yang aktif saat pembelajaran, dapat menyerap materi yang disampaikan dan mampu mempraktikkannya Penelitian ini mempunyai tujuan yang hendak dicapai yaitu 1) Untuk mengetahui pemanfaatan media video dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Klaten Fillial Kepoh Delanggu. 2) Untuk mengetahui berapa siklus yang harus dilalui dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi menggunakan media video siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Klaten Fillial Kepoh Delanggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian mengenai peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan media video pada siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Klaten Fillial Kepoh Delanggu dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober - Desember 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dokumentasi, observasi. Mekanisme kerjanya diwujudkan dalam bentuk siklus (direncanakan 2 siklus), yang dalam setiap siklusnya tercakup 4 kegiatan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (tindakan), (3) observasi, dan (4) refleksi. Analisa data menggunakan teknik interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Pencapaian ketuntasan dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media video menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan hasil siswa dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan siswa pada prasiklus sebesar sebesar sebesar 80% dari 15 siswa yang belum dapat membuat puisi dengan baik dan 20% yang dapat membuat puisi dengan baik. Nilai rata-rata pada pra siklus ini 69,53. Pada siklus I pertemuan ke-1 terjadi kenaikan sebesar 40% yaitu nilai semula s siswa yang dapat membuat puisi dengan baik sebesar 20% menjadi 60%. Dan pada siklus ke II terjadi kenaikan sebesar 27% dengan nilai rata- rata 81,46. Penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indikator keberhasilan karena sebanyak 13 siswa 87% telah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 71. 2) Proses pembelajaran menulis puisi menggunakan media video pada siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Klaten Fillial Kepoh Delanggu Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi empat langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kata Kunci : Pembelajaran, Menulis Puisi, Media Video

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:00
Last Modified: 27 Sep 2021 06:00
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item