IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENERBITAN KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DILEMBAGA PEDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM BANDUNG KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI

Ria, Fuatun (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENERBITAN KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DILEMBAGA PEDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM BANDUNG KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Ria Fix.pdf

Download (618kB)

Abstract

RIA FUATUN, NIM: 1612100001, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, Skripsi: Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Penerbitan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Terhadap Peningkatan Minat dan pemerataan Pendidikan Anak Usia Sekolah Di Lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Darussalam Bandung Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan KIP dalam upaya peningkatan minat terhadap Pendidikan anak usia sekolah serta pengentasan masalah buta huruf, mengingat kondisi geografis wilayah kecamatan wonosegoro merupakan wilayah yang masih paguyuban atau pedesaan, hingga fungsinya ialah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sasaran KIP di MTs Darussalam Wonosegoro adalah siswa yang memiliki kartu KIP sebanyak 70 siswa. KIP adalah bantuan berupa uang tunai diberikan kepada siswa yang orang tuanya tidak atau kurang mampu membiayai pendidikan anaknya. Hasil dari pelaksanaan KIP dapat mendukung upaya peningkatan minat. Faktor pendukung implementasi KIP: informasi dari pihak dinas secara rutin ke sekolah dan secara online, Emis digunakan pemerintah sebagai salah satu indikator penentuan sasaran penerima KIP, adanya rasa saling percaya antara pihak sekolah dengan siswa beserta orang tua terhadap penggunaan dana KIP, siswa menjadi lebih aktif karena peralatan sekolah dapat terpenuhi. Faktor penghambat: evaluasi program KIP yang dilaksanakan setiap periode program menyebabkan terjadinya perubahan pada mekanismenya, penyelewengan dana KIP, kesulitan mengumpulkan kuitansi atau bukti penggunaan dana KIP. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Kartu Indonesia Pintar, peningkatan minat Pendidikan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Geografi
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 09 Oct 2021 02:07
Last Modified: 09 Oct 2021 02:07
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2658

Actions (login required)

View Item View Item