HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KREATIVITAS DALAM BELAJAR SISWA KELAS IX SEMESTER GASAL SMP NEGERI 1 JATINOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Kristanto, Kristanto (2020) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KREATIVITAS DALAM BELAJAR SISWA KELAS IX SEMESTER GASAL SMP NEGERI 1 JATINOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Kristanto Fix.pdf

Download (519kB)

Abstract

Kristanto, NIM : 1812100008. Program Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kreativitas Dalam Belajar Siswa Kelas IX Semester Gasal SMP Negeri 1 Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimanakan dukungan keluarga siswa kelas IX Semester Gasal SMP Negeri 1 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2018/2019 ? 2. Bagaimanakah kreativitas belajar siswa kelas IX Semester Gasal SMP Negeri 1 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2018/2019 ? 3. Adakah hubungan antara dukungan keluarga dengan kreatifitas belajar siswa kelas IX Semester Gasal SMP Negeri 1 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2018/2019 ? Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui tingkat dukungan keluarga siswa kelas IX semester gasal SMP Negeri 1 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskripsi, dengan dua macam variabel yaitu : variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah dukungan keluarga sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jatinom Klaten yang berjumlah 224 siswa, sedangkan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dengan cara undian, dengan sampel sejumlah 40 siswa. Dalam menganalisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data, diperoleh : 1. Skor dukungan keluarga siswa rata-rata 77,7. Skor terendah 75 dan skor tertinggi80. Skor rata-rata kreativitas belajar siswa rata-rata 66,92 skor terendah 75 dan skor tertinggi 82. Dari hasil analisis statistik diperoleh nilai rxy sebesar 0,57 kemudian bila dikonsultasikan dengan tabel r Product Moment untuk N = 40 dalam taraf siginifikansi 5 % maupun taraf signifikansi 1 % besarnya 0,2573 dan 0,3578. Sedangkan r hitung > r tabel dalam taraf signifikansi 5 % maupun 1 %. Bila ditulis secara matematis : r hitung : r tabel pada ts 5 % adalah 0,57 : 0,2573, jadi 0,57 > 0,2573 dan r hitung : r tabel pada ts 1 % adalah 0,57 : 0,3578 jadi, 0,57 > 0,3578. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, karena rh > rt berarti ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kreativitas dalam belajar siswa kelas IX semester gasal SMP Negeri 1 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Geografi
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:43
Last Modified: 09 Oct 2021 03:43
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item