PEMBELAJARAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI (Studi Kasus di Kelas VII B SMP Negeri 7 Wonogiri Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014)

Bambang, Catur Padmono (2015) PEMBELAJARAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI (Studi Kasus di Kelas VII B SMP Negeri 7 Wonogiri Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
bambang Catur P.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bambang Catur Padmono. 10PSC01180. Pembelajaran Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi (Studi Kasus di Kelas VII SMP Negeri 7 Wonogiri Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014). Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana. Universitas Widya Dharma Klaten. 2015. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Wonogiri, semester II tahun pelajaran 2013/2014; 2) mengetahui penyebab pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi di kelas VII SMP Negeri 7 Wonogiri, semester II tahun pelajaran 2013/2014 dilaksanakan seperti ketika peneliti melakukan pengamatan. Landasan teori dalam penelitian ini adalah: belajar dan pembelajaran, menulis, wawancara, dan narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tiga Validitas data dan Teknik analisis data dengan diurai, diulas, dirangkum, disimpulkan, dan disarankan. Dengan metode di atas, peneliti memperoleh hasil: 1) Guru: (a) pada kegiatan awal pembelajaran guru melakukan apersepsi; (b) menyampaikan pokok bahasan; (c) tidak menyampaikan tujuan pembelajaran; (d) materi yang digunakan dalam proses pembelajaran telah sesuai dengan kompetensi dasar; (e) pada kegiatan akhir, tidak melakukan evaluasi; (f) membuat kesimpulan tanpa melibatkan siswa; dan (g) tidak menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 2) Siswa: (a) memperhatikan penjelasan guru; (b) menjawab pertanyaan guru; (c) melaksanakan diskusi di dalam kelompok; dan (d) mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. 3) Metode: Dalam proses pembelajaran guru menerapkan metode yang variatif, yaitu: ceramah, diskusi, dan tanya jawab. 4) Media: Media yang digunakan masih minim yaitu papan tulis, karton, dan lembar kerja. Berdasarkan hasil temuan tersebut di atas, peneliti menyimpulkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi di kelas VII SMP Negeri 7 Wonogiri, Tahun Pelajaran 2013/2014 sudah baik tetapi belum optimal dikarenakan sebagai berikut. a) guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran karena lupa; b) guru tidak memberi evaluasi pada akhir pembelajaran karena alokasi waktunya habis, hanya tugas di rumah; c) guru telah menyampaikan materi pelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar karena mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun; d) guru tidak melibatkan siswa pada saat membuat kesimpulan hasil pembelajaran karena memang jarang mengajak siswa untuk membuat kesimpulan; e) guru tidak menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya karena lupa; f) guru menggunakan metode yang variatif yaitu diskusi, ceramah, dan tanya jawab, karena bertujuan siswa tidak jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran; g) media pembelajaran yang digunakan masih minimal hanya papan tulis, karton dan lembar kerja karena guru kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran ; h) siswa terlihat aktif, karena siswa antusias dalam menjawab pertanyaan, melaksanakan diskusi kelompok dan mempresentasikannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Feb 2019 09:27
Last Modified: 14 Feb 2019 06:45
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item